JATIM Trip: Gunung Bromo! (+Tips)

Siapa sih yang nggak kenal dengan keindahan Gunung Bromo? Salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia ini jadi destinasi kedua gue bersama Ayah dan Bunda selama di Jawa Timur..

Kita sengaja ngga nginep dulu di Surabaya karena harus berangkat jam 10 malam (waktu setempat) buat ngejar kalo mau ngeliat Sunrise di Bromo.

Lumayan juga perjalanan dari Surabaya ke Bromo makan waktu 3 setengah jam. Kira-kira sampe di tempat kumpul (atau biasa tempat orang-orang nyewa Jeep buat naik ke atas) sekitar jam setengah 2 pagi.

Setelah sampe di tempat kumpul, kita langsung nyewa Jeep. Untuk harga sewanya sendiri sih waktu itu gue kena Rp. 350.000. Yaaa... quite pricey lah. Tapi dengan harga segitu kita udah dapet perjalanan ke puncak gunung penanjakan, gunung Bromo, dan pasir berbisik. Gue kurang tau juga, mungkin kalian bisa dapet harga lebih murah kalo nanya langsung sama driver-nya. Kebetulan pas itu gue dapet dari semacem keneknya gitudeh ngga tau juga. So, pinter-pinter nawar dan cari harga aja yaa.

Perjalanan dari tempat penyewaan Jeep sampe ke puncak penanjakan cukup memakan tenaga. Cukup banget especially buat orang yang mabok darat (kayak gue -_-). Tau sendiri lah kalo perjalanan naik gunung bentuknya kayak gimana; menanjak dan berlika-liku. //sigh//

Tapi as-el-i, kata "indah" aja gue yakin 100% ngga bakalan cukup buat ngegambarin gimana suasana pas nyampe di puncak penanjakan. Pas keluar dari mobil, kita langsung disuguhin milky-way yang........ subhanalllah!!!!! Nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kamu dustakan?!! Sayang ajanih karna gue bukan seorang fotografer yang 'ngerti banget' sama kamera dan settingan-settingannya, jadinya gue ngga bisa dapetin foto milky-way-nya. :'-(

Bener deh, setelah takjub ngeliat milky-way (yang jujur aja baru pertama kali gue liat), mabok gue langsung ilang seketika! Disana ngga ada pencahayaan sama sekali, makanya bintang-bintang disana jadi lebih keliatan jelas karna cuma mereka yang bersinar.. Oh, God.. I'm in love with the darkest night that fulfilled by the stars.. I just wish I could see it every-freakin'-night.

Buat ngeliat sunrise dengan lebih jelasnya lagi, kita harus naik bukit berpasir yang yaa lumayan lah kurang lebih 10menitan jalan dari tempat mobil diparkirin. Gue lupa tepatnya jam berapa dan berapa jam kita nunggu sampe sunrise, tapi yang jelas berapapun lamanya, itu tetep bakal kebayar sama indahnya, super-dooper indahnya pemandangan sun-rising di Bromo..


(Oke buat pemandangan lebih banyak, jelas, dan indahnya mungkin kalian bisa langsung nonton aja vlog-an kita di https://www.youtube.com/watch?v=jk-LpF9YZS0. Just click on the link! ;D)

Setelah puas ngeliatin matahari terbit, kita ngelanjutin perjalanan ke Pasir Berbisik. Basically Pasir Berbisik adalah lautan pasir yang berada disekitar Kaldera Bromo. Awalnya nama Pasir Berbisik ini tercipta karena seorang sutradara asal Indonesia yang sempat membuat sebuah film dengan judul Pasir Berbisik di lokasi ini. Selain itu juga sebutan Pasir Berbisik tercipta karna ditempat ini ketika angin bertiup kencang, deru angin akan membawa butiran-butiran pasir bagaikan bisikan-bisikan yang menyerukan keindahan di Bromo ini.


Yaaa gitu emang, sekalinya difoto sendiri, candid, udah gitu gayanya jongkok. Minyak kayu putihnya pake jatoh pulak dari kantong. Fabulous. -_-

Anyway, setelah puas foto-foto dan menikmati indahnya Pasir Berbisik, kita lanjut ke kawah gunung Bromo. Semua tempat-tempat atau kawasan wisata yang ada di Gunung Bromo ini ngga terlalu jauh antara satu dan yang lain (kalo naik mobil ya).


 FYI, gue ngga ikutan Ayah sama Bunda yang pada jalan ke kawah gunung Bromo. Gue terlalu lemah buat ngelanjutin perjalanan. <///3 Nggakdeng, gue kaya butuh istirahat gitu bentar jadi yaa gue cuma ngedekep di dalem mobil sambil foto-fotoin suasananya aja..

 
Luarrrr biasa bukan?

Buat mencapai Kawah Bromo sendiri kita harus ngelanjutin perjalanan dengan jalan kaki kurang lebih 2km dari tempat parkir Jeep. Menurut Ayah (dan menurut abang-abangnya mungkin), kita harus naik anak tangga untuk mencapai Kawah Bromo, anak tangganya sendiri berjumlah sekitar 250an. Brilliant... Bisa pingsan tengah jalan saya-_-


Katanya sih pas dijalan balik itu mereka naik kuda karna udah pada ngga sanggup jalan (-_-). Setau gue kalo naik kuda disini itu mahal banget. Bener ajadong, buat nyewa kuda bolak-balik itu mereka dikenain harga Rp. 160.000 untuk 2 kuda.


Sebenernya masih banyak-banyak-banyak lagi tempat wisata di Gunung Bromo ini, yang jelas ngga kalah indah sama ketiga tempat itu.

Sayangnya kita ngga kesemua tempat wisata yang ada disitu, karna tujuan utama kita cuma pengen ngerasain ngeliat sunrise dan foto-foto di Gunung Bromo-nya. So, our wishlist is complete!


Sedikit tips buat kalian yang mungkin berencana buat wisata ke gunung Bromo:

1. Make a plan! I'm 100% sure kalo tempat wisata macem gunung Bromo yang udah terkenal dengan keindahannya ini bakalan padet wisatawan terutama pas Hi-season. Udah pasti kalo begitu bakalan susah banget buat nyari penginapan (buat kalian yang berencana untuk nginep di kawasan Bromo ini). If you know me, you know that my family won't choose a date that's when hi-season. Kecuali kalo bener-bener ngga ada pilihan tanggal lain lagi. But mostly, kita prefer milih tanggal jauh dimana belum masuk musim liburan. Jadi tempat wisata itu sepi dan ngga begitu padet pengunjung.

2. Pilihan waktu ke gunung Bromo. Katanya waktu yang bagus buat wisata ke tempat ini antara bulan Juni-Oktober karena itu pas lagi musim kemarau, jadi bisa lebih leluasa buat nge-explore tanpa harus khawatir akan cuaca. Tapi ya gitu, berdasarkan apa yang gue ketahui, musim kemarau bikin udara disekitar makin dingin. Beside, pada bulan-bulan tersebut berdasarkan statistik kunjungan wisata Gunung Bromo menunjukan wisatawan yang cukup rame. So, it's all up to you guys.

3. For God sake if you can't handle cold temperatures, pake baju tebel / sweater dan celana panjang lapis 5 atau lebih! Karna percayalah, udara di gunung ini (mungkin) lebih dingin dibanding gunung-gunung biasa... Yaaa gunung Salak, Bunder, Putri dan semacamnya lah pokoknya. Gunung ini bertemperatur kurang lebih 2° - 20° celcius. Make sure to keep your body warm!

4. Jangan lupa pake topi penghangat yang bisa nutup sampe kuping atau sejenis kupluk gitulah. Pake masker penutup mulut dan idung juga karna bisa dibilang di kawasan itu cukup berdebu.. Atau berpasir gitudeh pokoknya masker jelas dibutuhin kalo ngga pengen tenggorokan sakit. Yang pasti dan terpenting sih pake sarung tangan! Karna kata abangnya yang paling kena dan ngerasain dingin itu adalah kuping dan tangan.

5. Pake sepatu yang jelas harus comfortable. Jangan pernah berfikiran buat pake sendal gunung atau semacamnya. Kontur jalan sebagian besar berbatu dan licin, jadi disarankan buat pake sepatu boot atau sepatu hiking dibanding sneakers. Ini kesalahan gue karna pake sneakers, alhasil kaki pada pegel-pegel dan ngga comfort.

6. Sebelum pergi, sangat disarankan buat nyiapin kondisi fisik kalian. Seperti yang udah gue bilang, Bromo memiliki cuaca yang cukup ekstrim (dingin), apalagi kalo kalian biasa tinggal di kota-kota panas (sepanas Jakarta, Bekasi, Surabaya, dll.). Ditambah lagi kalo kalian mau naik sampe kawah gunung Bromo yang mengharuskan kalian buat ngelewatin kurang-lebih 250 anak tangga, jelas kondisi fisik harus prima biar badan ngga gampang drop dengan menghadapi perubahan cuaca yang ekstrim (terutama pada bulan Agustus).

7. Buat kalian yang berencana untuk menikmati sunrise di puncak bukit, disarankan buat bawa senter. Karena jalannya yang gelap banget dan udah pasti ngga keliatan apa-apa (kecuali kalo mata kalian kaya mata uler...). Kalo di handphone-nya ada senter juga pake itu aja udah cukup kok.

8. Prepare bawa uang tunai. Ngga ada mesin ATM disini, Dorkies. Jadi sangat disarankan untuk bawa uang tunai yang cukup buat bayar segala kegiatan kalian disana.

9. And the last but not least, selalu prepare obat-obatan pribadi. Kalo buat gue sendiri sih hal yang paling penting-wajib-kudu-mesti dibawa adalah minyak kayu putih dan obat anti mabok. Udah itu aja yang paling penting buat gue. :"-)

Umm, ini tips tambahan ajasih sebenernya; buat kalian yang (mungkin, mungkiiiiiin) pengagum Nazi (..like me. Don't judge me!), sangat teramat sangat tidak disarankan untuk mengenakan pakaian apapun yang memiliki lambang Swastika on it. Just don't. Karna percayalah disana bukan cuma ada orang Indonesia aja, tapi orang-orang luar yang juga ingin menikmati suasana di gunung Bromo. Ya know lah, orang luar itu (terutama Eropa) sensitif banget sama apapun yang 'berbau' Nazi. Sama halnya kayak orang Indonesia yang sensitif banget ngeliat lambang Palu&Arit. So, just....don't-_-


Thanks for reading today's post, Dorkies! Jangan lupa buat nonton Vlog kita di...


atau bisa klik link ini -> Zivlogs: Bromo!. Don't forget to subscribe and give a thumbs up! xx♥




Related Posts :
JATIM Trip: Surabaya
JATIM Trip: Bromo
JATIM Trip: Blitar
JATIM Trip: Batu Secret Zoo & Museum Satwa
JATIM Trip: Museum Angkut
JATIM Trip: Selecta & Coban Rondo

2 comments:

  1. wah tipsnya makasih nih tante, ngomong ngomong fotonya so sweet banget kayak pre wedding haha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya foto-foto after wedding gt gan mereka haha.
      Btw, terimakasih banyak sudah mampir yaa gan, semoga tipsnya bermanfaat! ;D

      Delete