JATIM Trip: JATIM Park - Batu Secret Zoo & Museum Satwa

Ini nih salah satu destinasi yang masuk dalam kategori "Tempat Wisata Terbaik" versi D.O.R.K!!

Kalo kalian salah seorang pecinta Fauna (like me, of course), gue bisa menjamin 100000000jutamilliyar% kalo kalian bakalan betah berlama-lama di Kebun Binatang Batu a.k.a Batu Secret Zoo!

Oke, sekilas info tentang Batu Secret Zoo ini;
Kebun Binatang ini berlokasi di kota Batu, atau lebih tepatnya di Jl. Oro-oro Ombo No. 9, Kota Wisata Batu. Jam buka-nya mulai dari jam 10.00 - 18.00 (8jam ditempat ini? Ga akan cukup. Trust me.). Harga untuk Tiket Reguler; Weekday IDR. 75.000 dan Weekend IDR. 105.000. Dan untuk Tiket Terusan; Weekday IDR. 85.000 dan Weekend IDR. 125.000. For me, this place is totally worth the prices.

Buat informasi lebih lengkapnya bisa langsung aja hubungi 0341-597777 atau cek websitenya di http://www.jawatimurpark2.com/batu-secret-zoo/


Kebetulan kita ke tempat ini pas Weekend, jadi yaa bisa dibilang tempat ini cukup ramai.... atau mungkin menurut pandangan gue sih itu rame banget. -_-

Sehabis beli tiket kita langsung ngantri buat masuk ke dalem Kebun Binatang ini. Ngantri buat masuknya ini sih yang bikin terlihat seolah rame banget-banget-banget, but actually, ini ngga terlalu rame dan kita juga ngga terlalu lama ngabisin waktu buat nunggu..


Everything in here is worth the wait, Dorkies, its all worth the wait.. :">

Moving on, setelah udah sampe di area Kebun Binatang ini, kita langsung disajikan dengan satwa-satwa dan penataan Kebun Binatang yang bikin gue amazed banget! Pokoknya ngga bisa digambarin pake kata-kata deh. Kalian para pecinta binatang, you guys will totally loved it! Aaaaaaaaaaa!!! *masih kebawa suasana*


Selain mengagumi keindahan satwa-satwa ini dari luar kandangnya, kita juga bisa ngeliat beberapa satwa lebih dekat dan bahkan foto sama mereka-mereka yang super menggemaskan itu!

Kalo mau foto bareng, kita cukup membayar IDR. 5.000/orang/satwa. Eitsss, pasti sempet ada pemikiran "yaelah ujung-ujungnya duit lagi." Well buddies, uang yang kalian berikan itu nantinya bakalan buat satwa-satwa itu lagi kok. Untuk biaya perawatannya, makanannya, dan lainnya. See what I told you before, everything in here is totally worth! Worth the wait, worth the prices, worth the money. Ugh! I just loved this zoo!!!


Apa lagi yang bisa kita lakuin? Well, there are a LOT of things you can do in here..

Map Batu Secret Zoo

Here are the lists of areas and attractions that you might want to know;

Savannah Area
Basically, area Savannah ini adalah terowongan / lorong yang dindingnya terbuat dari kaca, jadi pengunjung bisa ngeliat dengan jelas binatang-binatang besar yang berhabitat di Afrika seperti; Giant Sable Antelope, Scimitar-Horned Oryx, Zebra, dan hewan-hewan sejenisnya yang juga berasal dari Afrika.

Di area ini juga tersedia interactive LCD dimana kita bisa bermain game sekaligus mendapatkan informasi tentang satwa-satwa yang ada di area ini. Interaktif banget kan?


OHYA! Di area Savannah ini juga kalian bakalan nemuin dua hewan favorit gue. If you know me, you know what kind of animals that is. But if you don't know me, well, that is Tapirs and Flamingos! aaaaaaaaa!!!

Awalnya gue udah hopeless sebenernya, berfikiran kaya "ah udahlah paling 2 hewan itu ngga ada disini." Biasalah, pemikiran itu muncul ketika emang hampir segala sesuatu hal yang gue suka kalo ngga unik, aneh, ya jarang pasti ditemuin. -_-

But surprisingly, when you entering the Savannah's gate, the first thing you'll see on your right side is the FLAMINGO's CAGES!!!
But also, yang lebih menyenangkan dari yang paling menyenangkannya lagi adalah, gue akhirnya menemukan dan bertemu dengan hewan yang paling menggemaskan, menakjubkan, eksotis dan elegan diseluruh dunia (versi gue, of course). Yup, apalagi kalo bukan Malayan Tapir..


I'm out of words... Seriously?! Can't you guys just see their beauties??! Oh-my-sailormoon, so stunning, so cute, so amazing, so..... Beautiful! So-freakin'-adorable. I just..... ok I can't talk much about it, just...see how excited I am,


Oke oke cukup ngebahas Tapir-nya yaa, bisa ngga kelar-kelar post-an ini kalo terus ngebahas itu. -_-

African Village Area
 Di area ini kita bisa ngeliat satwa-satwa kecil yang juga berasal dari Afrika, seperti; Meerkats, Guinea Pigs, dan lain-lainnya. Selain ngeliat-liat satwa yang unik dan menggemaskan itu, disini juga banyak spot yang bisa dipake buat foto-foto menyenangkan loh!


Fantasy Land
Basically, Fantasy Land ini seperti Dufan (Dunia Fantasi) versi untuk anak kecil. Area ini juga biasa dipake sebagai area peristirahatan, karena selain ada arena buat bermain anak-anak, di area ini juga tersedia kafetaria-kafetaria yang menyajikan makanan yang enak dan pasti mengenyangkan dong. ;-)

Nah, selain kafetaria dan tempat bermain anak, di area ini kita juga bisa masuk ke Rumah Hantu, menjelajah 5 benua, melihat pertunjukan singa laut, memberi makan satwa-satwa unik dari dekat, dan masih banyak lagi hal lainnya yang bisa kita lakuin di area ini. Seru banget deh pokoknya!

Ohya! Satu hal lagi yang bisa kalian lakuin di area ini, be-re-nang! Yup, di area ini kita juga bisa ngeliat waterpark yang kayanya seru banget buat dicobain. Sayang ajanih gue emang ngga begitu "into" sama yang namanya berenang. So, buat kalian yang seneng main air, wajib cobain nih waterpark yang ada ditempat ini.


Ohya buat gambaran lebih lengkapnya, boleh loh nonton keseruan kita di ➳ Zivlogs: JATIM Park! . Just click on the link, Dorkies! ;-D
Ok then, moving on..

River Adventure
Ngeliat Orangutan dengan cara yang berbeda. Gimana? Yup, sambil naik perahu di sungai! Sangat disayangkan sekali gue ngga sempet nyobain ini huhu..



Kita keluar dari Batu Secret Zoo ini pas banget pas jamnya mereka tutup, yup, jam 6 sore. Jujur, belum puas banget ngejelajahin Kebun Binatang ini. :-( Overall, Kebun Binatang ini bener-bener wajib-kudu-mesti dijadiin salah satu destinasi kalian kalo main-main ke Malang, terutama Kota Batu. Pokoknya kalian adalah termasuk golongan orang yang merugi kalo udah ke Malang tapi ngga masuk ke tempat ini.. -_-

Bisa dibilang, tempat ini 1000000x lebih baik daripada Kebun Binatang Surabaya dan Kebun Binatang Ragunan (Jakarta). Kenapa? Pertama, mungkin karena biaya masuk ke Batu Secret Zoo ini tergolong lebih mahal daripada kedua tempat itu, tapi harganya bener-bener worth banget dengan fasilitas, suasana, pokoknya semuanya yang ada di tempat ini. Buat kebersihan kandang dari satwa-satwanya juga terbilang bersih dan terawat sekali. Satwa-satwanya-pun keliatan bahagia (meskipun bukan di habitat aslinya), seengganya mereka ngga terlihat stres ataupun lemes gitu. Kedua, untuk kebersihan di kamar mandinya juga terawat sekali dibandingkan kamar mandi umum di Kebun Binatang Surabaya dan Ragunan. Intinya, Batu Secret Zoo ini bener-bener tempat yang nyaman dan yang pasti ramah lingkungan. Ketiga, binatang-binatang / satwa-satwa yang ditempat ini jauh lebih lengkap dibanding kedua kebun binatang itu. Yang mengesankannya bukan cuma lengkap aja, tapi juga yang pasti terawat, ngga ada satwa yang kayanya terlantar gitu atau gimana. Pokoknya aku senang aku senang aku senang! >.<


Okey setelah (sebenernya belum terlalu) puas di Batu Secret Zoo, kita langsung masuk ke Museum Satwa yang letaknya deket banget dari area Kebun Binatangnya. Setelah keluar dari Kebun Binatang, kita bisa langsung jalan ke arah kanan dan langsung deh keliatan gedung putih a.k.a Museum Satwa.


#EhTauGaksih, museum ini menyajikan satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika. Nah, seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa ini diperoleh tidak dengan sengaja diburu, tetapi diawetkan dari satwa yang memang sudah mati.


Selain itu, Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan replika satwa purba lainnya. Uuu, berasa kaya di Jurassic Park yaa.. :p


Ikutin juga keseruan kita dan buat gambaran lebih lengkapnya nonton di ➳ Zivlogs: JATIM Park! .

Jangan lupa subscribe biar ngga kelewatan petualangan kita selanjutnya yaa, Dorkies! ;-D

Terimakasih sudah membaca postan ini! Semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi yaa! See ya on the next stories! xx




Related Posts :
JATIM Trip: Surabaya
JATIM Trip: Bromo
JATIM Trip: Blitar
JATIM Trip: Batu Secret Zoo & Museum Satwa
JATIM Trip: Museum Angkut
JATIM Trip: Selecta & Coban Rondo

No comments:

Post a Comment